Pages

Senin, 15 September 2014

Taman Baca Masyarakat Tumpakdoro

"Dengan membaca maka kalian akan membuka satu lembar kecil dari luasnya pengetahuan dunia, buku-buku ini akan mengantarkan kalian melihat dunia itu dari atas Wilis sini, Tumpakdoro.."

Kalimat pembuka diatas seperti memberikan sebuah pesan atas alasan kami #KKN28 mendirikan Taman Baca Masyarakat kecil di atas lereng Wilis di dukuh Tumpakdoro.

Semuanya bukan tanpa alasan dan bukan tanpa sebuah api penyulut yang memberanikan kami mendirikan TBM Tumpakdoro ini.

Semuanya berawal dari sebuah acara peringatan Hari Buku Nasional oleh Blogger Hibah Buku sekitar mei lalu di Kepung Kelud. Kebetulan salah satu anggota #KKN28 (Kak Tutut) ikut serta dalam acara Harbuknas 2014 yang menjadi salah satu perwakilan dari Blogger Kediri.
Saat acara selesai, Blogger Kediri diberi mandat untuk mendistribusikan buku sisa ke Sekolah Dasar yang ada di Kediri.

Dua kerdus buku itulah yang membuat Kak Tutut terinspirasi untuk mendirikan Taman Baca di posko #KKN28 yang akhirnya dimasukkan dalam program kerja #KKN28. Ketika meminta ijin memakai buku-buku dari Hibah Buku, salah satu volunteer Hibah Buku, Kak Anazkia, malah menyambut dengan antusias dan malah berencana untuk menambah buku senilai satu juta dari Blogger Hibah Buku.

Seperti gayung bersambut, jadilah Taman Baca Masyarakat Tumpakdoro yang sederhana berdiri di rumah Posko #KKN28.

Selama 40 hari pengabdian, kami menyaksikan sendiri betapa anak-anak Tumpakdoro menunjukkan semangat belajar yang sangat tinggi dengan selalu datang untuk Bimbel di Posko dan menyandingkan buku didekat mereka untuk dibaca. Walau belum semua anak Tumpakdoro bisa membaca lancar namun usaha mereka untuk membaca kadang membuat kami terkikih.

Detik-detik sebelum kepulangan kami, sekardus paketan dari Blogger Hibah Buku pun sampai. Kami langsung 'sok-sok-an' mengarsipkan nomor buku yang kami memberinya nomer sendiri ke dalam buku besar.

Terhitung 100an buku untuk awal Taman Baca Masyarakat Tumpakdoro.
Buku-buku yang tersedia kebanyakan adalah cerita anak-anak inspiratif, buku-buku kartun sains, kartun yang sedang booming di TV dan lain-lain.
Kami #KKN28 pun membuat papan nama sederhana di depan TPA As-Shafiah yang menjadi pilihan kami untuk mendirikan Taman Baca Tumpakdoro.

Sebelum pulang, kami pun banyak berpesan kepada anak-anak Tumpakdoro untuk saling membantu menjaga TBM Tumpakdoro dan terus banyak membaca. Kami pun menjanjikan sebuah reward bagi anak yang rajin membaca di TBM Tumpakdoro yang akan kami berikan saat ada kesempatan untuk naik gunung kembali.

Cerita singkat namun insyaAllah bermanfaat.
Satu lagi oase ilmu berdiri di atas lereng pengunungan Wilis yang indah, di Tumpakdoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar