Catatan 40 hari #KKN28 Tumpakdoro

Selasa, 15 Juli 2014

On 00.07 by Unknown in    No comments

Senin yang semangat. Hari ini kami mulai packing padahal baru besok pagi kami turun untuk memberikan satu suara kami untuk Indonesia. Entah kenapa senin hari ini begitu menyenangkan. Mungkin 99% jawaban kami adalah besok pulang, libur panjang, kembali ke rumah setelah kurang lebih 3 minggu berada di peraduan. Hari terasa semakin cepat dan kegiatan pun tak terasa berat untuk dilakukan.

Salah satu rahasia hari-hari Ramadhan di Tumpakdoro adalah puasa tak akan terasa berat karena hawa dingin yang meniadakan rasa haus selama kurang lebih 13 jam berpuasa. Ditambah lagi kegiatan kami yang padat namun dikerjakan dengan penuh canda tawa bersama kawan se-#KKN28 atau dengan anak-anak Tumpakdoro membuat hari sebentar saja maghrib sudah segera tiba.

Hari ini langit memendung yang walaupun siang hari namun kabut sudah turun dengan lebatnya. Inilah suasana yang mungkin tidak kami temukan sebagai anak kota di lembah Gunung Wilis dan Kelud.
Karena siang ini kabut sudah turun, pada tadarus hari ini pun membuat kami harus mengencangkan jaket yang kami pakai dan membuat kami bersedekap dengan erat.

Cuaca di Tumpakdoro memang tidak dapat diprediksi. Seharusnya sekarang sudah masuk musim kemarau namun hujan masih sering mengguyur bumi Tumpakdoro. Seperti yang pernah kami ceritakan sebelumnya, alam Tumpakdoro seperti punya cara tersendiri untuk membuatnya seimbang. Jika pohon-pohon kopi sedang waktunya berbunga, maka hujan pun datang untuk memekarkan bunganya tanpa mengenal musim.

Alam seperti berbicara langsung kepada manusia tentang keseimbangan alam. Hal semacam ini kembalinya hanya kepada Sang Pencipta dan manusia hanya bisa berdecak kagum atas kekuasaan-Nya terhadap hal kecil atas pohon kopi.
Ba'da dhuhur tiba, hujan pun tiba lumayan derasnya.

Saat hujan mereda, salah satu dari kami ada yang turun untuk membeli suatu keperluan, dan ternyata di bawah tidak hujan sama sekali. Inilah rahasia alam Tumpakdoro yang kadang membuat orang 'nggumun' terhadapnya.

Sore pun tiba dan hujan masih mengguyur. Hari ini kami absen mengajar TPA karena hujan. Kalau disini sudah hujan maka jalan akan sangat licin dan sangat becek akibat tanahnya yang merah.

Maghrib tiba dengan hawa dinginnya, kami pun mengucap 'alhamdulillah' atas rejeki yang Allah beri kepada kami. Rejeki atas hujan, rejeki atas apa yang kami makan maghrib ini, rejeki atas apa yang kami bagikan walaupun sederhana.
Hari ini kami bersemangat. Senin semangat untuk Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar