Catatan 40 hari #KKN28 Tumpakdoro

Selasa, 17 Juni 2014

On 23.25 by Unknown in    No comments
Kuliah Kerja Nyata 2014 STAIN Kediri dimulai hari ini. Segala perasaan hadir dalam hati masing-masing peserta KKN. Senang karena tanda liburan telah tiba, mungkin juga susah karena harus meninggalkan segala kewajiban di rumah.

Pagi ini seluruh peserta KKN berkumpul di Gedung Sport Center STAIN Kediri untuk acara pelepasan. Di undangan tertulis pukul 06.30 harus sudah dimulai namun sampai setengah 8 acara pun belum juga dimulai. Lamanya menunggu membuat semua peserta mempunyai kesempatan untuk sekedar saling sapa dengan teman, berfoto bersama, ada yang berlama-lama duduk dengan orang tua yang mengantar, ada pula yang masih kebingungan mengurusi barang-barang bawaan selama 40 hari.

Alhamdulillah, kelompok #KKN28 sudah tinggal "nggowo awak tok" hari ini karena semua barang-barang sudah diangkut sehari sebelum hari ini. Aah, namun masih saja ada beberapa barang yang belum terbawa.

Sekitar jam 8 upacara pelepasan dimulai secara formal dengan jajaran DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) serta panitia KKN yang berdiri rapih di depan 578 peserta KKN. Sambutan demi sambutan menegaskan kembali tujuan dan tugas seluruh peserta yang akan dijalani selama 40 hari ke depan.

Upacara pun selesai dengan tepuk tangan meriah dari semua peserta. Upacara yang membosankan membuat tepuk tangan itu bermakna "Oh God, thanks it's over!". Setelah upacara selesai semua peserta makan bersama di Sport Center. Inilah pemandangan indah di hari pertama KKN. "Tahun ini semuanya berkumpul untuk berangkat KKN bersama insyaAllah tahun depan berkumpul bersama untuk Wisuda" doa dalam hati pun terpanjatkan dengan kalimat terakhir, aamiin yaa Allah yaa robbal 'alamin.

Sekitar pukul 09.00 pagi semua peserta berangkat menuju kantor kecamatan masing-masing. kelompok #KKN28 pun menuju Kantor Kecamatan Mojo di Mojo. Panas pagi yang terik tak menghalangi semangat sekitar 200an peserta KKN di kecamatan Mojo. walaupun dalam hati seluruh peserta pasti menggerutu akibat panas dan wajib memakai almamater hijau yang menambah panas semakin panas.

Sambutan Pak Camat yang mengatakan bahwa kehadiran peserta KKN STAIN Kediri sangat ditunggu masyrakat menambah semangat peserta untuk mengabdi. Tak lupa Pak Camat menegaskan lagi bahwa Medan dukuh Tumpakdoro adalah masih menjadi medan terberat dibanding dusun lain di Desa Pamongan karena merupakan dusun terakhir dari Desa Pamongan.

Acara penyambutan di Kecamatan pun selesai, dilanjutkan perjalanan menuju posko masing-masing. Dan kelompok #KKN28 masih berjuang dengan medan sulitnya. Jalanan menanjak dan berbatu menjadi pemandangan tersendiri sebagai sebuah perjuangan lain yang harus ditempuh oleh #KKN28.
semua orang bilang, itu namanya benar-benar KKN!



Sesampainya di rumah #KKN28 di rumah Bapak Jito, semuanya berkemas, menata kamar masing-masing, menata semua yang sudah dipacking dari rumah untuk dijadikan stay permanen sementara selama 40 hari kedepan.

Setelah semuanya beres, berpindah ke dapur untuk masak makan siang. Makan siang pertama #KKN28 hari ini adalah oseng mie, sambal bawang lauk kerupuk udang yang dibeli sekarung. Sungguh nikmat karena adanya kebersamaan.

Ashar pun tiba, kami pun melanjutkan beres-beres segala yang belum terbereskan. Ba'da maghrib, kami pun sowan ke Pak Kyai Dusun Tumpakdoro, Pak.RT serta Pak Bayan sebagai silaturahmi awal kami di dusun mereka.


Aah, sungguh capek namun sangat berkesan dengan segala perasaan yang terbawa. Malam pun ditutup sempurna dengan masak dan makan bersama Nasi Goreng yang dimasak sendiri, tentunya bersama-sama dan penuh canda tawa.

0 komentar:

Posting Komentar