Catatan 40 hari #KKN28 Tumpakdoro

Jumat, 20 Juni 2014

On 20.11 by Unknown   No comments
Seperti sebuah tantangan tersendiri untuk bangun saat adzan paling istimewa dikumandangkan dan mengambil air wudhu sedingin es batu. Hawa dingin bawah celcius 25 menjadi hal baru yang harus cepat kami adaptasikan dengan kondisi tubuh orang lembah yang biasa panas. 
Subuh hingga pagi disini menjadi sebuah moment tersendiri untuk kami saat duduk melingkar di depan tungku api pengusir dingin pagi hari. Mata yang terus ingin terpejam, hawa dingin yang menusuk, hangat depan tungku api, serta candaan renyah dari kawan-kawan atau cerita serius dari mereka. Moment pagi hari selalu menawan di Tumpakdoro. 
Pagi ini tidak masak karena sayur semalam masih lumayan banyak ditambah dengan Ibuknya masak "Bobor Godong Telo" membuat pagi hari ini tidak terlalu ribet dengan urusan dapur. Kami pun berniat untuk jalan-jalan ke tegil bersama. 

Jalan-Jalan Pagi ke Tegil
Alam Pagi Tumpakdoro, Jajaran Pegunungan Wilis

Beceknya jalan sisa hujan semalam, kabut tebal pagi hari, kicauan burung pagi, suara aliran air dan percikan embun yang tertinggal di dedaunan menemani jalan-jalan pagi hari ini. Sayang matahari masih bersembunyi di mendung dan kabut menghasilkan gradasi warna orange samar diantara bebukitan dan pucuk pohon pinus. Kami jalan-jalan di sepanjang jalan menuju tegil. Di sisi kiri jalan terdapat sungai kecil yang mengalir deras dan dingin. Setelah berjalan cukup jauh akhirnya kami menemukan spot yang tepat untuk melihat landscape perbukitan tumpakdoro. Seperti tak ada habis-habisnya jajaran pegunungan wilis membentuk tingkatan-tingkatan bukit yang indah.
Pukul 07.00 kami sampai di rumah posko #KKN28 dengan kondisi sandal kami yang 'gimbal' tanah merah akibat becek hujan. Setelah sarapan bersama kami siap-siap dengan agenda kami masing-masing. 4 anak ikut pembekalan II di Masjid Kemuning, dan sisanya pergi ke TK untuk membantu mempersiapkan perpisahan. 
Pembekalan KKN II di Masjid Kemuning

Pembekalan KKN II ini adalah terusan dari pembekalan KKN selama 2 hari Mei lalu, namun pembekalan kali ini membahas tentang Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid dan Pelaporan Audiovisual. Acara pembekalan dimulai pukul 10.00 sampai 12.00 untuk sesi materi pemberdayaan masyarakat berbasis masjid dan pukul 13.00 sampai 14.30 pelatihan Audiovisual untuk laporan KKN dengan video. 
Untuk teman-teman yang di rumah karena TPA libur, maka agenda siang hari adalah masak setelahnya menemani adek-adek membaca buku dan bermain. Ba'da maghrib meneruskan silaturahmi ke tetangga dan setelah semua berkumpul makan malam serta rapat evaluasi seperti biasa. Malam ini rapat evaluasi berdurasi sedikit panjang karena setelah pembekalan tadi pagi kami mendapat banyak masukan untuk memperbaiki program-program menjadi lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar