Catatan 40 hari #KKN28 Tumpakdoro

Kamis, 26 Juni 2014

On 23.32 by Unknown in    No comments

 Matahari terbit selalu berbeda di setiap harinya, hingga penulis tak pernah absen untuk menyambut sang fajar menyingsing dan matahari perlahan terbit. 

Rabu ini kami ingin sesuatu yang beda. Yang biasanya hanya belanja masakan seadanya, hari ini kami ingin belanja yang special sehingga bendahara kami turun ke Pasar Jati Malang untuk berbelanja besar. Di daerah Mojo ini ada yang unik tentang Pasar. Kalau biasanya Pasar selalu netap disatu tempat namun disini pasarnya pindah sesuai dengan hari pasaran. Hari wage di Pasar Pamongan, Hari Kliwon dan Pahing di Jati Malang, Pon di Mojo, dan Legi di Ngadi.

Hiruk pikuk di Pasar Jati Malang

Untuk Pasar Mojo, setiap hari ada namun pasarannya atau hari ramainya setiap Pon. Pasar Mojo ini yang paling besar diantara pasar-pasar lainnya. Kalau Pasar Jati Malang, penjualnya bisa berpindah tempat sesuka hati. Jika satu penjual tidak datang, penjual lain bisa menempati tempatnya. Karena hari ini bisa ke pasar jadilah #KKN28 makan dengan menu dengan sedikit spesial yakni Soto Ayam. Alhamdulillah.

Sorenya seperti biasa 2 orang diutus mengajar di TPA As-Syafi'ah dan TPA Masjid Janur Musthofa. Untuk TPA As-Syafi'ah murid-nya lumayan banyak sekitar 30-an. Pendiri TPA ini adalah Bibi Syafi'ah oleh karenanya kami sepakat menamai TPA Bibi dengan nama beliau. Ada yang membuat kami sedikit bangga saat Bibi bilang senang dengan #KKN28 karena punya inisiatif untuk memajukan TPA nya seperti membuatkan Kartu Prestasi, Mengajar beberapa kitab, dan merumuskan jadwal ngaji. Beda dengan KKN tahun lalu yang hanya ngajar mengikuti jadwal Bibi. Alhamdulillah.

Untuk TPA Masjid murid-nya hanya 8-an anak namun Rebana Masjid Janur Musthofa ini terkenal hebatnya. Di Tumpakdoro ini terkenal dengan diba'an-nya yang diiringi rebana. Pertama kali ikut diba'an disini kami sedikit kaget dengan model diba'an-nya yang tidak sama dengan diba'an kami biasanya. Disini diba'an tidak membaca kitab diba' namun lagu-lagu sholawat yang biasanya dinyanyikan oleh Sulis.... Unik, sangat unik.

Malamnya kami evaluasi membicarakan tentang acara besok yang padat dari pagi hingga malam. Mulai dari khataman, Tahlilan dan Pengajian di Masjid untuk menyambut Ramadhan. Alhamdulillah hari ini selesai begitu indahnya untuk menyambut besok yang penuh dengan jadwal yang barokah.

0 komentar:

Posting Komentar