Catatan 40 hari #KKN28 Tumpakdoro

Sabtu, 21 Juni 2014

On 17.53 by Unknown in    No comments
Tumpakdoro Jumat 20 Juni 2014. Gerimis mengawali jumat yang barokah hari ini. Seperti kaimat magis orang tua masih terdengar menggema di langit Tumpakdoro yakni "nek wis kadung udan iso sampek sak uku". Ya sudah, biarkan alam menyelesaikan kalimatnya namun kami harus tetap bekerja.

Pagi itu kami mengantongi beberapa agenda seperti pergi ke TK persiapan perpisahan, membuat kartu prestasi TPA, pergi ke Desa menemui Pak Carek, hingga jaga rumah dan ikut Ibuk rewang ke rumah Mbah Bayan.
Tugas pun terbagi rata dan diterima dengan tanggung jawab.

Tugas ke TK hari ini adalah mendekorasi panggung perpisahan untuk besok Sabtu. Menata kelas yang menjadi aula untuk perpisahan dan membuat banner tulisan.
Untuk acara perpisahan kali ini kelompok #KKN28 bekerja sama dengan kelompok #KKN27 dan #KKN25. Ada yang mendekor, ada yang membersihkan ruang kelas, menata bangku, melatih fashion show anak-anak dan melatih nari untuk acara hiburan saat perpisahan. Persiapan pun semakin meriah karena melihat gelak lucu anak-anak TK yang menari-nari lucu.

Tugas lain hari ini adalah menanyakan tentang Pipa kepada Pak Carek. Tugas ini adalah tugas langsung dari Bupati yakni pendataan kebutuhan pipa yang kurang atau minta diganti untuk sistem irigasi. Dari Pak Carik ternyata yang tau informasi itu adalah Pak Ketua IPAM se-pamongan yakni Pak Abdul Seriantika.

Sampai di rumah pak Abdul ternyata kebutuhan pipa di Tumpakdoro berukuran 3 dim sejauh 2,6 km dari Sumber Do Muleh hingga pipa utama saluran ke rumah- rumah. Pak Abdul bahkan punya wacana untuk mengganti Sumber Do Muleh dengan Sumber yang lebih jauh di dekat air terjun dholo yakni Sumber Ngluruh yang membutuhkan pipa sekitar 16 km.

Tugas lain di rumah adalah seperti biasa bersih-bersih dan hari ini Ibuk pergi 'rewang' di acara tingkepan cucu Mbah Bayan.
Setiap jumat TPA libur karena ba'da sholat jumat ada acara Diba'an Ibu-Ibu. Kami pun cewek-cewek ikut serta dalam acara ini. Mbak Supin, putri Ibu Sukarmi membuka acara yang disusul dengan pembacaan ayat Al-Qur'an oleh Kak Septi.  Diba'an dimana pun itu hampir sama walaupun ada beberapa bagian yang berbeda.


Acara diba' selesai dan pembawa acara meminta salah satu dari kami mewakili untuk sambutan. Kak Tutut pun mewakili sambutan yang intinya berterima kasih sudah diijinkan berada majelis siang itu. Setelah acara diba' selesai adik-adik bilang untuk Bimbel.

Maghrib pun tiba kami sholat di Masjid Baiturrahim dan malamnya kami evaluasi seperti biasa ditemani dengan makan bersama. Sederhana namun penuh canda tawa. Itulah #KKN28.

0 komentar:

Posting Komentar