Catatan 40 hari #KKN28 Tumpakdoro

Sabtu, 28 Juni 2014

On 04.07 by Unknown in    No comments
Kamis hari ini, #KKN28 punya jadwal yang padat dari pagi hingga malam hari. Pagi hingga Sore khataman di TPA As-Syafi'ah, Sore sampai maghrib tahlilan di Bibi, Maghrib hingga Isya', tahlilan di Masjid Baiturrohim, Isya' hingga malam sekitar jam 10.00an pengajian penyambutan Bulan Ramadhan.

#KKN28 dapat undagan untuk khataman di Bibi, kami berempat Badriyah, Tutut, Khoir dan Septi bertugas khataman di sana bergantian dari pagi hingga sore. Khataman pun dimulai pukul 05.30 pagi dan sekitar jam 07.00 sudah sampai Juz 15 karena ngajinya 'susul-susulan'. Selain kami berempat banyak juga remaja-remaja yang ikut serta, maka dari itu ngajinya cukup cepat.


Karena khataman terlalu cepat selesai, jadilah ketika sampai juz 22 dibaca dan disemak bersama-sama. Lalu sekitar pukul 03.30 barulah khatam. Sebelumnya, jam 07.00an pagi tadi saat kami ngaji, kak Tutut, mendapat kabar bahwa salah satu kerabat dekatnya meninggal, Minyin. Tak lupa kami pun berdoa bersama mendoakan tempat yang terbaik untuk Minyin-nya. Kami berempat pun pulang dan dibawai berkat satu-satu yang di dalamnya ada amplop. Kami merasa lucu mendapat amplop padahal hanya ngaji saja.
Acara dilanjut tahlilan di Bibi yang mengundang semua cowok #KKN28. Sore ini pun posko #KKN28 penuh dengan berkat. Saat Ashar, kami memasang tulisan untuk backdrop Pengajian di Masjid nanti malam. "Marhaban Yaa Ramadhan 1435 H". Maghrib pun tiba, kami sholat maghrib di Masjid dilanjut dengan tahlilan hingga Isya'. Malam ini kabut tebal menyelimuti Tumpakdoro. Malam hari jadi seperti scene film horor.

Inilah backdrop pengajian dengan tulisan "Marhaban Yaa Ramadhan 1435 H" yang kami buat bersama-sama

Acara Pengajian dimulai pukul 07.30 malam dengan pembawa acara dari #KKN28, Ubet. Lantunan qiroah diwakili dari Remaja Masjid. Sambutan kelompok #KKN28 diwakili oleh Izzud yang menyampaikan visi misi #KKN28 dan juga permintaan bimbingannya kepada #KKN28 dari masyarakat Tumpakdoro. Sambutan selanjutnya adalah dari Pak Kyai Sukirno yang intinya menyampaikan tentang Hikmah Ramadhan.
Setelahnya istirahat sebentar dan panitia membagikan konsumsi berupa nasi bungkus dari swadaya per-rumah. Setelah istirahat kami kira akan ada seorang menyampaikan mauidhoh khasanah namun ternyata hingga selesai hanya sholawat banjari saja. Ternyata begini cara masyarakat Tumpakdoro mengadakan sebuah pengajian penyambutan ramadhan.
Hari ini sangat penuh jadwal, penuh perasaan tak terkira, penuh pengabdian langsung kepada masyarakat. Selamat datang ramadhan, kami menyambutmu disini, di Tumpakdoro, #KKN28.  

0 komentar:

Posting Komentar